Monday 14 March 2016

Pengertian Tentang Desain Grafis

PENGERTIAN TENTANG DESAIN GRAFIS - Di Artikel sebelumnya saya menulis tentang PEMAHAMAN TENTANG DESAIN GRAFIS, Sekarang kita akan membahas tentang PENGERTIAN TENTANG DESAIN GRAFIS.


Desain grafis terdiri dari 2 kata, yaitu ‘desain’ yang berarti merancang dan ‘grafis’ yang berarti gambar. ‘Merancang Gambar’ ini adalah bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan dan informasi kepada banyak orang. Jadi Desain Grafis berarti Merancang sesuatu pesan informasi kepada khalayak umum melalui sebuah gambar. Sedang Desain Grafis dalam pandangan Ilmu Komunikasi adalah metode menyampaikan pesan visual berbentuk gambar atau teks dari komunikator kepada komunikan.

Banyak sekali jenis jenis desain grafis. Contohnya saat membuat desain surat kabar, desainer grafis memerlukan pengetahuan tentang kebiasaan pembaca media, agar mudah mengatur tata letak dan visual yang cocok di mata para pembaca. Tujuannya tentu agar pesan yang akan disampaikan kepada pembaca melalui media tersebut pasti diterima dan sampai kepada para pembaca. Desain Grafis juga disebut ‘Desain Komunikasi Visual’. Dan ada pula  yang menyebut desain grafis sebagai grafis komunikasi.

Dalam bukunya yang berjudul 'PREBLE', Duane dan Sarah mengungkapkan Desain grafis adalah suatu istilah penamaan pada latar dua matra atau dua dimensi yang bervariasi, baik format maupun kompleksitasnya.

Sementara Grafis Komunikasi dalam pandangan Edmund Burke lebih menekankan aspek komunikasi yang terkandung didalamnya. Sedang dari sudut media,melihat sifat keberadaan desain grafis yang kasat mata sering diistilahkan dengan Desain Komunikasi Visual.


Pengertian Tentang Design Grafis
Edmund Burke


Sekarang pesan visual sudah tidak lagi harus melulu menggunakan media kertas/cetak, tapi sudah banyak menggunakan media elektronik seperti Film dan TV, dan tidak sedikit menggunakan media interaktif seperti Web di Internet. Media-media selain cetak tersebut pastilah mengunakan kategori desain grafis yang berbeda, karena posisi media elektronik dan interaktif sedang banyak digemari masyarakat. Sejak itulah desain grafis banyak menggunakan istilah Desain Komunikasi Visual.

Sebelumnya desain grafis sangat erat berhubungan dengan proses cetak mencetak. Prinsip desain grafis nya adalah melalui media ini Desain Grafis berfungsi sebagai jembatan penghubung antara pihak yang berkepentingan guna mengantisipasi berbagai kebutuhan yang datang dari dunia bisnis atau usah, maupun bidang sosial dan hal-hal yang berkaitan dengan media komunikasi.



Tujuan desain grafis ini bersifat komersil dan sosial. Tujuan komersil berfungsi untuk memberikan propaganda kepada masyarakat untuk membeli suatu produk komersil.Sedang untuk tujuan sosial lebih menitik beratkan pada penyampaian pesan dan informasi sosial kepada masyarakat, atau lebih sering disebut Iklan Layanan masyarakat.

baca juga pengertian tipografi.


No comments:

Post a Comment