Monday 3 October 2016

Pengertian, fungsi dan tujuan desain web

desain web


Web Desain adalah jenis desain grafis yang ditujukan untuk pengembangan dan gaya tampilan obyek lingkungan informasi di Internet. Dengan kata lain, web desain adalah membuat tampilan web semenarik mungkin dan se-informatif mungkin kepada pada peselancar dunia maya. Sebuah website dapat berupa sekumpulan teks, gambar, suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif ataupun statis. Sedang menurut wikipedia web desain adalah adalah istilah umum yang digunakan untuk mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web. Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server.

Secara umum fungsi situs web adalah sebagai berikut:

1. Untuk Komunikasi

Situs web yang berfungsi sebagai komunikasi pada umumnya adalah web dinamis. Karena dibuat menggunakan pemrograman web(server side) maka dilengkapi dengan fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi seperti web mail ,formanthec,chatting,forum dll.

2. Fungsi Informasi

Menekankan pada kualitas konten,karena tujuan situs ini menyampaikan isinya biasanya berisi teks dan grafik. Fasilitas yang memberikan fungsi informasi, berita, file, perusahaan, perpustakaan, pengalaman dan lain-lain.

3. Fungsi Entertainment

Sebagai sarana hiburan atau penggunaan animasi gambar dan element bergerak dapat meningkatkan mutu persentasi desain, meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan download-nya.Contoh fungsi Entertaiment: game online,film online,music online dll.4.

4.Fungsi Transaksi

Situs web dapat dijadikan transaksi bisnis baik barang jasa, dan lain-lain. Situs web menghubungkan perusahaan konsumen dan komunitas tertentu melalui sarana elektronik. Pembayarannya bisa memudahkan kartu kredit,transfer maupun membayar langsung.

Tujuan desain web untuk membuat situs web atau dokumen elektronik dan aplikasi yang berada pada web server dan menampilkan konten dan fitur antarmuka interaktif kepada pengguna akhir dalam bentuk halaman Web. Seperti unsur-unsur teks, gambar (gif, jpeg) untuk ditempatkan pada halaman menggunakan HTML / XHTML / tag XML. Menampilkan media yang lebih kompleks (vektor grafis, animasi, video, suara) membutuhkan plug-in seperti Adobe Flash, QuickTime, Java run-time dan lain-lain. Plug-in juga dimasukkan ke dalam halaman web dengan menggunakan HTML / tag XHTML.

Perbaikan sesuai browser dengan standar W3C diminta penerimaan luas dan penggunaan XHTML / XML bersama dengan Cascading Style Sheets (CSS) untuk posisi dan memanipulasi unsur-unsur halaman web dan objek. Kemampuan browser untuk mengirimkan berbagai konten dan pilihan aksesibilitas kepada klien tanpa menggunakan plug-in.

Dengan spesialisasi yang tumbuh di bidang teknologi informasi ada kecenderungan kuat untuk membedakan antara desain web (web design) dan pengembangan web (web development).



5 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya smoga bermanfaat bgi kami.

    http://flashcomindonesia.com/kursus-desain-web-di-surabaya.html....

    Terima kasih,

    ReplyDelete
  2. Wihh manteb gan info nya, makasih gan
    website nya rapih
    kunjung balik gan, banyak artikel tentang kesehatan dan pengobatan penyakit
    Golden Gamat

    ReplyDelete