Sunday 23 June 2019

Cara Yang Benar Mengatur Ukuran dan Resolusi Dokumen Baru Pada Adobe Photoshop

Logo Photoshop

ristofa.comCara Yang Benar Mengatur Ukuran dan Resolusi Dokumen Baru Pada Adobe Photoshop. Pada kesempatan kali ini ristofa.com akan membahas cara mengatur ukuran lembar kerja dokumen baru pada Adobe Photoshop.

Saat akan membuat lembar kerja baru, bagaimana sih mengatur ukuran dan resolusi yang tepat. Jawabannya adalah tergantung kebutuhan. Jika ingin hasil desain yang tajam dan saat cetak kita bisa memperbesar resolusi lembar kerjanya. Namun, jika terlalu besar resolusi akan memperberat kerja komputer dan bisa menjadi lemot jika komputer tidak dapat mendukungnya. 

Jadi berapa dong angka standar untuk Photoshop. Untuk  tujuan cetak mencetak lebih baik menggunakan resolusi 300. Dan untuk tujuan lain, semisal gambar untuk website atau upload ke media sosial bisa menggunakan resolusi 72. 

Kotak Dialog Dokumen Baru Photoshop
Sebagai contoh, gambar diatas adalah lembar kerja dengan ukuran A4 (21 x 29,7 cm) dengan resolusi 300. Jika ingin hasil yang tajam, kita bisa menambah resolusinya. Namun akan memperberat kerja aplikasi.

Saat akan mengatur resolusinya, hal yg perlu diperhatikan adalah Image Size pada kotak dialog tersebut. Ukuran tersebut (Image Size) adalah perkiraan ukuran file yang akan dikerjakan. 

Image Size Lembar Kerja Photoshop
Jika kita merubah ukuran dan atau resolusi pada lembar kerja Photoshop, maka ukuran Image Size pun akan berubah. Sebagai contoh ukuran A4 dengan resolusi 600 sebagai berikut. 

Resolusi 600

Saat resolusi dirubah menjadi 600, ukuran file menjadi jauh lebih besar dibandingkan resolusi 300. Berdasar pengalaman pribadi, ukuran Image Size tersebut lebih baik jangan melebihi 200 MB. 

Lalu bagaimana jika ingin membuat lembar kerja untuk Spanduk dengan ukuran 300 x 100 cm. Untuk ukuran besar seperti spanduk, kita bisa mengatur resolusi rendah. Dengan ketentuan ukuran image size tidak melebihi 200MB.

Ukuran 300 x 100 cm resolusi 100

Itulah Cara Yang Benar Mengatur Ukuran dan Resolusi Dokumen Baru Pada Adobe Photoshop. Semoga bermanfaat. Selamat berkreasi.

7 comments:

  1. Terimakasih banyak, menjawab kebingungan saya tentang ukuran dan resolusi yang cocok untuk kebutuhan

    ReplyDelete
  2. Other clipping path services incorporate skin alter services which is a quick and reasonable service.
    clipping path company

    ReplyDelete
  3. The best Macintosh photo editor in my book is Snapheal - works like wizardry!
    eCommerce Product Photo Editing

    ReplyDelete
  4. Image control yields best outcome when it is finished by the exceptionally prepared experts having an aptitude in their field.
    Product Photo Editing Service

    ReplyDelete
  5. Thank you for shedding light on such an important topic. This article is a must-read.

    Visit Here: jewelry retouching service

    ReplyDelete