Monday 21 March 2016

Unsur Pokok Desain Grafis

Unsur Pokok Desain Grafis


Unsur Pokok Desain Grafis


Sebelum kita memulai mebuat karya desain akan lebih baik kita mengetahui lebih dulu  beberapa  Unsur Pokok Penunjang Desain Grafis. Ibarat sebelum praktek sebaiknya kita mengetaui teorinya terlebih dahulu, Sehinga tidak ada tujuan tertentu yg salah kaprah. Berikut beberapa unsur pokok penunjang desain grafis:

      1.       ESTETIS

Maksud dari estetis adalah dalam merancang suatu karya desain grafis kita harus memiliki unsur estetika atau keindahan.

      2.       FUNGSIONAL

Maksudnya yaitu sebuah karya desain harus dapan digunakan dalam kesempatan yg tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya.

      3.       FLEKSIBEL

Mudah dinikmati oleh masyarkat dimanapun dan kapanpun.

      4.       REALIZED

Sebuah karya desain seharusnya dapat direalisasikan ataupun dibuat. Dalam hal ini kita harus memikirkan juga kemudahan dalam merealisasikan karya tersebut.

      5.       EKONOMIS

Dibuat sesuai dengan keadaan ekonomi masyarakat atau sesuai dengan kondisi pasar. Karya desain  yg bersifat ekonomis terdapat 2 kategori, yaitu :


  •    Desain Exclusive, Karya desain yg sesuai dengan selera konsumen tertentu. Walaupun dijual dengan harga tinggi namun tetap membelinya.

  •   Desain Masal/Mass  Production, disebut juga Repeat Design, dibuat berulang-ulang sesuai kebutuhan pasar. Biasanya harga jual relatif murah

      6.       PASAR

Sebuah karya desain sebaiknya beorientasi terhadap hasil penelitian pasar. Sesuai dengan kebutuhan pasar saat itu (tren).

Guna mengatasi masalah yg timbul dari perpaduan keenam unsur tersebut diatas. Seorang desainer grafis harus melakukan feedback (umpan balik) denan memperhatikan hal berikut :


  •   Selera Konsumen, Kelompok individual yg merupakan kelompok minoritas dan kelompok masyarakat kelas menengah yg jumlahnya cukup besar/mayoritas.
  •      Gaya Hidup, dapat dilihat dari kondisi sosial maupun geografisnya.

No comments:

Post a Comment