Saturday 26 March 2016

Basis Karya Dalam Desain Grafis


Setelah panjang lebar membahas tentang Pemahaman Desain GrafisPengertian Desain GrafisSejarah dan Peristiwa-peristiwa penting di dunia desain grafis. Sekarang saya akan membahas lebih dalam tentang dunia desain  grafis.


Kita semua tahu, desain grafis mempunyai beberapa macam kategori jika dilihat dari komposisi elemen-elemen yg terkandung dalam karya desain grafis (Basis Karya). Berikut jenis-jenisnya :

      1.       Desain Berbasis Image

Representasi dari ide-ide seseorang ataupun permintaan dari custumer dituangkan dalam karya desain grafis dalam bentuk gambar dengan sedikit atau tanpa teks di dalamnya. Image dapat dipercaya, dan merupakan alat komunikasi yg dapat mempengaruhi. Image juga dapat menyampaikan tidak hanya informasi atau pesan tetapi juga dapat mengungkapkan suasana hati atau emosi seseorang. Orang akan bereaksi terhadap image secara instinktif sesuai kepribadian mereka, asosiasi terhadap lingkungan dan experiantif karena pengalaman sebelumnya.

Image diatur sedemikian rupa menyesuaikan kebutuhan aplikasi dan media. Hal yg harus dipahami adalah, ‘ image yg akan ditampilkan haruslah dapat membawa segala informasi dan pesan yg ingin disampaikan ke audient’. Sehinggan kadang ditambah sedikit tulisan sebagai bantuan dalam mengartikannya.

Karena pentingnya image dalam menyampaikan informasi, kita juga harus pintar-pintar memanajemen kepekaan terhadap calon penerima pesan.






        2.       Desain Berbasis Type

Memodifikasi suatu jenis tulisan (font) dalam menyampaikan informasi dan pesan dengan mengunakan kata-katadan cara yg berbeda dengan tata cara yg biasa dilakukan oleh penulis. Bagi para desainer, melihat visual teks sama penting dengan maksud dan arti teks itu sendiri.

Visual teks, baik seni typography yg ditulis dengan tangan maupun dicetak memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat komunikasi. Dan kita juga harus sadar bahwa keberadaan teks haruslah memiliki fungsi keterbacaan. Keterbacaan teks tidak hanya mengandalkan arti teks sesuai denga tata bahasa saja (leksikal), tetapi juga menyebutkan maksud atas peranan teks itu secara visual. Contoh, huruf jenis ‘stencil’ identik dengan style Army Look atau produk-produk militer.

Penting dalam penggunaan teks sebagai tampilan visual haruslah tidak mengabaikan fungsi keterbacaan.




     3.       Desain Berbasis Image dan Type

Kombinasi antara typography dan image untuk menyampaikan informasi dan pesan. Eksplorasi dengan berbagai kemungkinan kreatif dalam mengkombinasiakan antara typography dan image yg bertujuan memberi tampilan serta informasi yg lebih lengkap.





     4.       Desain Berbasis Simbol, Logo dan Logotype

Simbol dan logo adalah hal yg spesial, berbentuk informasi yg sangat ringkas dan berfungsi sebagai identitas suatu produk atau perusahaan. Simbol adalah representasi abstrak dari gagasan atau identitas tertentu. Logo adala visual dalam format simbolis yg berfungsi mewakili konsep-konsep atau kelompok tertentu. Dan Logotype adalah identifikasi konsep maupun kelompok yg visualnya didasarkan pada suatu deretan kata atau teks yg dirangkai khusus.

Beberapa identitas merupakan peraduan antara logotypes dan simbol. Dalam menciptakan ‘identifier’ akan ditetapkan sebuah visual yg jelas sesuai visi dan misi sebuah korporasi, kelompok, konsep atau gagasan yg terwakili dan sesuai dengan masing-masing tujuannya.






Itulah beberapa macam jenis desain yg digolongkan berdasarkan basis karya (komponen) yg digunakan. Semoga sedikit pengetahuan ini bermanfat bagi kita semua.



No comments:

Post a Comment