Tuesday 7 February 2017

Fungsi Utama Tipografi Dalam Desain Grafis

Fungsi Utama Tipografi Dalam Desain Grafis | ristofa.com

Tipografi merupakan satu elemen yang sangat krusial dan juga merupakan elemen yang paling sering dipakai untuk melengkapi suatu desain. Jika kita perhatikan desain di sekeliling kita seperti desain poster, desain suatu produk, desain iklan, semua mengandung unsur tipografi. Seperti yang kita tahu, desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual. Jadi unsur yang ada di dalam karya desain juga harus memancarkan informasi yang ingin disampaikan. Hal ini berlaku untuk tipografi. Pemilihan tipografi yang benar membantu menyampaikan informasi yang ingin disampaikan secara tepat.

Sebagai salah satu pembahasan dalam ilmu desain, tipografi memiliki prinsip yang sama dengan berbagai ilmu desain lainnya: membuat sesuatu menjadi beguna, dan mudah digunakan. Jadi, Fungsi utama dari tipografi adalah membuat teks menjadi berguna dan mudah digunakan. Artinya? Tipografi berbicara tentang kemudahan dalam membaca teks (readability) dan kemudahan dalam mengenali setiap huruf dan kata (legibility).

Tipografi menghidupkan teks dalam sebuah tulisan. Tipografi membuat teks menjadi lebih menarik, sehingga pembaca penasaran dan ingin membaca keseluruhan teks. Tipografi memenjara pembaca dalam teks: sekali pembaca mulai membaca, berhenti membaca dan melakukan hal lain akan menjadi sulit. Tipografi digunakan untuk menghargai konten (teks) dengan cara memaksimalkan penampilan koten tersebut, dan tipografi diciptakan untuk memanjakan pembaca dengan memberikan pengalaman yang menarik dalam membaca teks.

Kejelasan bentuk huruf (legibility) adalah tingkat kemudahan mata mengenali suatu karakter / rupa huruf / tulisan tanpa harus bersusah payah. Hal ini bisa ditentukan oleh:

  • Kerumitan desain font/huruf, seperti penggunaan siripan, kontras goresan, dan sebagainya.
  • Penggunaan warna
  • Frekuensi pengamat menemui huruf tersebut dalam kehidupan sehari-hari


Keterbacaan (readability) adalah tingkat kenyamanan / kemudahan suatu susunan huruf saat dibaca, yang dipengaruhi oleh:

  • Jenis huruf
  • Ukuran
  • Pengaturan, termasuk di dalamnya alur, spasi, kerning, perataan, dan sebagainya
  • Kontras warna terhadap latar belakang
Itulah Fungsi Utama Tipografi Dalam Desain Grafis yang penting untuk kita ketahui. Disamping untuk menambah wawasan tentang desain grafis, bisa juga untuk panduan kita dalam membuat karya desain.

baca juga semua tentang Tipografi.

No comments:

Post a Comment