Monday 23 January 2017

Arti dan Makna Beberapa Warna Dalam Desain Grafis


Arti dan Makna Beberapa Warna Dalam Desain Grafis | www.ristofa.com

Arti dan Makna Beberapa Warna Dalam Desain Grafis - Saat kita akan membuat suatu desain grafis terkadang kita sebagai desainer harus memberikan pilihan warna yang cocok untuk memberikan keindahan pada desain. Dan kadang kita harus bisa menjelaskan warna yang kita gunakan kepada Klien kita jika desain yang kita buat untuk keperluan Klien.
Dalam pembahasan kali ini saya akan mencoba menjelaskan arti warna untuk desain grafis, yaitu warna merah, kuning, oranye, hijua, biru, ungu, coklat, hitam dan putih.  Dan juga membahas kombinasi warna yang tepat untuk membantu kita belajar desain dalam menyelaraskan karya anda.

Arti warna untuk desain :

Merah

Warna merah identik dengan api, kekerasan dan peperangan, tetapi warna merah juga bisa diasosiasikan dengan gairah dan cinta. Di negara Tiongkok warna merah melambangkan kemakmuran, kebahagiaan dan peruntungan sedangkan di Afrika warna merah berarti berkabung atau kepedulian untuk sesama. Di dalam desain grafis, warna merah memiliki aksen yang kuat dan menggambarkan kekuatan dan gairah. Warna merah gelap menggambarkan sesuatu yang elegan sedangkan warna merah yang terang menggambarkan nuansa yang enerjik dan antusias dalam berbisnis.

Kuning

Warna ini dianggap warna yang paling cerah diantara warna yang lainnya, warna kuning memberikan kesan kegembiaraan dan matahari. Beberapa negara mempunyai makna yang berbeda, di Indonesia warna kuning identik dengan berduka, di negara india merupakan symbol perdagangan sedangkan di jepang warna kuning berarti keberanian.
Jika dipadukan dengan warna yang lebih gelap kesan kegembiraan akan hilang tetapi menjadikan kesan yang lebih tegas dan serius.

Oranye

Oranye merupakan kombinasi warna antara merah dan kuning. Warna oranye akan memberikan kesan bersemangat dan enerjik. Di negara Amerika warna ini sama dengan nama buah yaitu jeruk dengan begitu di Amerika warna oranye mengandung makna tentang kesehatan. 
Di dalam dunia desain grafis, warna oranye mudah untuk kontras warna dan mengandung arti perhatian karena dianggap lebih ramah dibandingkan warna yang lainnya.

Hijau

Warna hijau memiliki kesan yang natural, warna ini juga menenangkan dan santai tetapi hijau juga mengandung arti kurang berpengalaman.
Dalam dunia desain warna hijau memberikan nuansa yang segar sangat cocok untuk perusahaan kesehatan, makanan, wisata maupun keuangan.

Biru

Di dalam dunia desain warna biru memiliki kesan tenang dan bertanggung jawab serta profesional. Warna biru tua bisa memberikan pola pikir yang jernih, sedang biru muda bisa merangsang ketenangan dan juga konsentrasi. warna ini sangat cocok dalam dunia bisnis karena memberikan arti keseimbangan, ketenangan serta serius.

Ungu

Warna ungu merupakan hasil gabungan warna merah dan biru, warna ini memberikan kesan kedamaian dan saling memahami. Ungu gelap memberikan kesan tentang kakayaan dan kerajaan sedangkan ungu muda memberikan perasaan romantis.
Saat digunakan untuk logo, warna ini sangat elegan cocok untuk perusahaan yang bergerak dibidang kecantikan, perhiasan dan kemewahan.

Coklat

Warna coklat memberikan kesan alami, sederhana dan kenyamanan. Namun warna ini juga memberikan arti gagah dan juga maskulin. Dalam dunia desain grafis warna coklat tua biasanya dipakai sebagai latar belakang sedangkan coklat muda yang lebih mendekati warna emas.  Saat coklat dipakai untuk warna logo akan memberikan kesan kemewahan serta elegan.

Hitam

Warna hitam adalah warna yang kuat dan netral. Jika dilihat dari sisi negatifnya, warna ini melambangkan kejahatan. Jika dipakai untuk logo warna ini memberikan kesan yang kuat dan kokoh serta elegan.

Putih

Warna putih adalah warna yang murni. Warna ini akan memberikan kesan kebebasan dan damai. Pada rumah sakit menggunakan warna ini untuk memberikan nuansa yang bersih dan steril.
Dalam dunia desain warna ini biasanya dipakai untuk latar belakang

Demikian Arti dan Makna Beberapa Warna Dalam Desain Grafis. Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment