Friday 22 February 2019

Fungsi Format/Ekstensi Dalam Photoshop




Fungsi Format/Ekstensi Dalam Photoshop

  • Photoshop (PSD,PDD)


Photoshop Document atau PSD adalah format penyimpanan asli dari photoshop, format PSD ini mampu menyimpan seluruh informasi dari gambar yang sedang di kerjakan, seperti layer, style, dan filter.

Penyimpanan dalam format PSD ini memiliki tujuan agar file yang kita buat bisa di kerjakan kembali di lain waktu, dan format PSD ini tidak bisa di buka dalam program pengolahan gambar apapun kecuali pada photoshop.

  • Large Document Format (PSB)


Photoshop Big atau PSB merupakan foemat PSD dengan meningkatkan resolusi maksimum menjadi 300,000 pixel danukuran file maksimum 4 exabyte, artinya bagi anda yang sering bekerja dengan ukuran file yang besar sangat di sarankan untuk menyimpan dokumennya dalam format ini.


  • BMP (BMP,RLE,DIB)



BMP,RLE,DIB adalah format gambar yang di gunakan untuk menyimpan gambar berupa bitmap, tipe file ini umum di gunakan pada sistem optasi Windows dan Os/2, tipe file BMP juga dapat di buka hampir pada semua program pengolah gambar, ukuran pada file MBP cukup besar sehingga tidak cocok untuk di transfer ke internet karna akan memenuhi bandwidht dan menjadi lambat.

  • GIF Compuserve (GIF)


Graphics Interchange Format atau GIF merupakan sebuah gambar bergerak dari penggabungan dua atau lebih gambar, format GIF ini mampu menayangkan kombinasi warna sebanyak 256 warna, karna format GIF menggunakan 8 bit untuk setiap pixelnya, format GIF ini sangat cocok di gunakan untuk logo, line drawing, dan icon.

  • Photoshop (EPS)

Encapsuted Postcript atau EPS adalah sebuah format yang sering di gunakan ketika ingin mencetak, format file ini juga sering di gunakan untuk keperluan pertukaran dokument antar program graphics, format EPS mampu menyimpan alpha chanel sehingga banyak pengguna adobe photoshop menggunakan format file ini ketika gambar yang di kerjakan sudah final.

  • Photoshop DCS 1.0 (EPS) dan Photoshop DCS 2.0 (EPS)

Document Color Sparation atau DCS adalah versi pertama dari format EPS, standar yang memungkinkan anda yang menyimpan pemisahan warna gambar CMYK, dan anda sapat menggunakan format DCS 2.0 untuk mengekspor gambar yang mengandung saluran sport, untuk mencetak file DCS anda harus menggunakan printer postcript.


  • IFF Format (IFF,TDI)

Interchange File Format atau IFF ini umumnya di gunakan untuk bekerja dengan video toaster dan proses pertukaran dokumentasi dari dan ke Comodore Amiga System, format ini hampir di kenali oleh semua program graphics yang terdapat dalam pc, serta mampu menyimpan gambar dengan mode warna bitmap, kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha chanel.

  • JPEG (JPG,JPE)

Join Photography Expert Group atau JPEG adalah format yang menyimpan file dalam bentuk gambar dengan kemampuan menyimpan mode warna RGB, CMYK, Grayscale, format file ini juga mampu menyimpan alpha chanel.

Format file ini di kembangkan oleh Join Photographys Expert, menggunakan komlanasi DCT dan menggunakan Huffman untuk mengkompresikan suatu file, citra format ini sangat cocok untuk di transfer ke internet karna ukuran filenya yang tidak terlalu besar.


  • JPEG 2000 (JPF,JPX,JP2,J2C,J2K,JPC)

JPEG 2000 adalah standar kompresi menggunakan kedua lossless dan menyimpan losy, metode kompresi yang di gunakan berbeda dari yang di standar JFF/JPG, mereka meningkatkan rasio kualitas dan kompresi, tetapi juga akan memberikan daya kompresi yang lebih untuk memproses.

  • JPEG Stereo (JPS)

JPEG Stereo atau JPS ini terdiri dari side by side berdasarkan format gambar JPEG.


  • Multi - Picture Format (MPO)

Format file MPO yang mendukung format 3D dapat di lihat pada perangkat yang mendukung file MPO, seperti tv 3D, atau monitor 3D dengan menggunakan kacamata 3D.

  • Personal Computer Exchange (PCX)

Personal Computer Exchange atau PCX adalah format file yang berbentuk rester, kepala filenya menyimpan perangkat keras monitor seperti trsolusi layar, kedalaman warna, informasi palet, dan jumblah bit, secara terpisah dari gambarnya.

Format PCX dapat di pindah dan di buka pada komputer lain dengan perangkat keras yang berbeda, format PCX ini di kembangkan oleh Zsoft Corpuration yang berasal dari Marleta, Georgia, Amerika Serikat, format PCX yang aslinya di ciptakan untuk pc paintbrush.

  • Photoshop PDF (PDF,PDP)

Portable Document Format atau PDF yaitu format file ini di gunakan oleh adobe acrobat dan dapat di gunakan oleh graphics berbasis pixel, format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Indexed Color, Lab Color, Graphyscale, dan Bitmap, tapi tidak mampu menyimpan alpha chanel, format file ini sering menggunakan komposisi JPG dan ZIP, kecuali untuk mode warna bitmap yaitu menggunakan Ccit.

  • Photoshop RAW (RAW)

format file ini berfungsi untuk pertukatan document antar aplikasi dalam platform sehingga sangat fleksibel, format file ini mampu menyimpan warna dengan RGB, CMYK dan Grayscale, dengan satu alpha chanel dengan mode warna multichanel, lab color dan duotone tanpa alpha chanel.

  • Pixar (PXR)

format file ini di kususkan untuk pertukaran file dengan Pixar Image Computer, format file ini mampu menyimpan dengan mode warna RGB, dan Grayscale dengan satu alpha chanel.

  • Portable Network Graphics (PNG,PNS)

Portable Network Graphics atau PNG adalah format gambar yang mendukung transparasi dalam browser dan memiliki keindahan tersendiri yang tidak di miliki JPG atau GIF, tipe file PNG merupakan solusi komprensif yang powerfull dengan warna yang lebih banyak (24 bit RGB dan alpha chanel), sehingga sangat cocok bagi design graphics untuk menyimpan gambar dengan bakground transparan.

  • Potable Bit Map (PBM,PGM,PPM,PNM,PFM,PAM)

Format ini merupakan format graphics yang fleksibel untuk platform Windows sehingga dapat di baca oleh program graphics manapun, format ini mampu menyimpan informasi dengan kualitas 1 bit hingga 24 bit, format file ini tidak mampu menyimpan alpha chanel, format ini juga mampu menyimpan gambar dalam bentuk warna RGB, Grayscale, Index Color, dan Bitmap.

  • Scitex CT (SCT)

Scitex Continues Tone atau SCT adalah format file yang di gunakan untuk menyimpan dikumen dengan kualitas tinggi pada computer scitex, format ini mampu menyimpan dengan mode warna RGB, CMYK, Grayscale namun tidak mampu menyimpan alpha chanel.

  • Targa (TGA,VDA,ICB,VST)

format file ini di desain untuk platform yang menggunakan Targa True Vision Video Board, format file ini mampu menyimpan dengan mode warna RGB dalam 32 bit serta satu alpha chanel, format file ini berguna untuk menyimpan dokumen dari hasil redex dari program animasi dengan hasil out put berupa skuence seperti 3D Studio Max.


  • Tagged Image Format File (TIF,TIFF)

Tagged Image Format File atau TIFF adalah format yang mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 23 bit, format file ini juga dapat di gunakan untuk keperluan pertukaran antar platform pc, mascintosh, dan silicon graphics.

Format file ini merupakan salah satu format yang di pilih dan sangat di sukai oleh para penggunaka komputer graphics terutama yang berorientasi pada percetakan, hampir semua program yang mempu membaca format bitmap juga mampu membaca format ini.

Itulah Fungsi Format/Ekstensi Dalam Photoshop. Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment