Tuesday 10 October 2017

Tips Membuat Desain Kalender Yang Profesional

illustrasi desain kalender

Tips Membuat Desain Kalender Yang Profesional - Di penghujung tahun berbagai institusi selalu disibukan dengan persiapan untuk menyiapkan desain kalender tahun berikutnya. Mulai dari membuat desain kalender sendiri hingga melakukan cetak kalender di percetakan yang mereka pilih.

Keberadaan kalender memang sudah menjadi semacam keharusan, baik bagi perorangan maupun perusahaan. Di setiap ruangan kerja sudah dapat dipastikan kita akan menemukan sebuah kalender, ada yang menempel dinding ruangan maupun di atas meja kerja atau kalender meja. Kalender mempunyai nilai fungsional dan sebagai media yang memberikan informasi penanggalan, kalender juga memiliki nilai dekoratif. Jadi sebuah desain kalender yang dipersiapkan dengan sempurna akan memberikan kesan menawan, elegan dan mampu memberikan kesan dekoratif di mana kalender tersebut diletakkan.

Membuat atau mempersiapkan desain kalender menjadi penting sebelum memperbanyak kalender serta membagikan kalender itu sendiri. Bagi sebuah perusahaan, kalender menjadi media promosi yang untuk memperkenalkan bisnis mereka. Sebagai media promosi, desain kalender perusahaan harus memiliki nilai khas tersendiri. Desain kalender yang bagus, menarik dan profesional akan lebih enak dipandang dan lebih banyak menarik perhatian audience.

Berikut tentang beberapa tips cara membuat kalender sendiri yang dapat diterapkan dalam membuat desain kalender perusahaan, desain kalender sekolah maupun desain kalender pribadi Anda.

1.      Fokus Pada Aplikasi Desain Grafis Yang Anda Kuasai


Salah satu aplikasi paling populer yang dapat Anda gunakan untuk membuat desain kalender adalah CorelDraw dan Adobe Illustrator. Aplikasi yang berbasis vektor ini memang menawarkan fitur yang lengkap dalam membuat karya desain grafis dalam bentuk vektor. Anda harus mengerti dan memahami cara penggunaan salah satu dari kedua aplikasi desain grafis tersebut. Anda dapat memilih apakah anda akan membuat kalender dengan coreldraw atau Illustrator. Hal ini tentu sangat bergantung dengan pemahaman Anda terhadap kedua aplikasi grafis tersebut.

2.      Memilih Tema yang Sesuai dan Konsisten


Tema sebuah kalender mewakili bisnis anda. Penggunaan warna, grafis maupun gambar harus mewakili bisnis anda. Pastikan anda memilih tema tepat untuk bisnis anda. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah konsisten dalam membuat tema untuk desain kalender. Pastikan juga desain kalender anda memiliki tampilan yang konsisten dari bulan Januari sampai Desember. Karena jika jika tema kalender anda tidak konsisten akan terlihat tidak menarik dan tidak enak dipandang.  Sebuah desain kalender agar terlihat menarik  harus memiliki desain yang konsisten, baik dari segi penataan elemen desain grafis, penggunaan elemen tipografis dan elemen sejenisnya.

3.      Perhatikan Sisi Fungsionalitas


Karena masa pakai kalender yang lama, anda harus memanfaatkan kesempatan ini. Selain kalender harus mudah untuk mencari hari, tanggal, tahun dan beragam informasi lainnya yang ada pada sebuah kalender. Anda juga dapat mempromosikan tentang produk terbaru anda atau anda bisa memberikan informasi prestasi yang sudah dicapai perusahaan anda selama ini. 

Selain melihat desain kalender, kita juga harus memikirkan sisi fungsionalitas dari sebuah kalender. Segala informasi yang ingin disampaikan melalui desain kalender harus ditampilkan agar mudah dibaca orang lain. Contohnya dengan menggunakan jenis font yang mudah dibaca, baik pada bagian penanggalan, informasi profil perusahaan, dan sebagainya.

4.      Pemilihan Kertas Untuk Mencetak Kalender


Bisa menggunakan bahan kertas tebal untuk mencetak kalender yang terdiri dari 1 halaman. Dan jenis kertas Artpaper dengan gramatur 120 gsm dapat menjadi pilihan ideal untuk keperluan pencetakan kalender. Saat ini perkembangan digital printing telah sampai ke kota-kota kecil semakin memudahkan konsumen dalam urusan percetakan berskala kecil. Termasuk dalam hal ini adalah pembuatan kalender pribadi. Jika ingin mencetak kalender ke pada kertas yang lebih tebal, kertas Ivory 210 gsm dapat menjadi pilihan Anda. Berikan efek finsihing doff, glossy atau UV agar hasil cetak kalender lebih mengkilap dan elegan.

5.      Gambar Ilustrasi yang Baik


Pilih gambar yang memiliki kualitas dan resolusi yang tinggi sehingga kalender anda terlihat tajam dan menarik bagi audience anda. Jangan menggunakan gambar yang berlebihan, karena akan terlihat mengganggu dan berantakan serta akan sulit menemukan gambar yang konsisten dan cocok digunakan pada kalender.

Gambar dapat berupa hasil dari fotografi profesional maupun ilustrasi karya anda sendiri. Tentu saja media gambar juga harus sesuai dengan tema desain kalender yang kita buat. Untuk file pendukung, bisa dicari di banyak website yang bertebaran.

6.      Minimalis


Desain kalender yang lebih minimalis dengan memberi ruang dan jarak yang pas untuk elemen-elemen yang ada pada kalender anda, hal ini akan membuat kalender anda lebih hidup dan enak dipandang. Membuat desain kalender agar nampak lebih minimalis dapat anda lakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah memberikan ruang kosong (white space) yang cukup pada penataan setiap elemen desain grafis pada desain kalender. Nah, ketika anda membuat desain kalender, cobalah untuk bermain-main dengan penggunaan white space. Di samping itu, anda dapat menggunakan jenis font dengan tampilan minimalis untuk hasil yang lebih elegan.

Hindari penggunaan efek-efek berlebih seperti efek transparan dan gradasi warna yang berlebihan, karena trend yang berkembang sekarang lebih ke arah minimalis maka dari itu desain kalender yang anda buat pun harus mengikuti tren yang anda sehingga desain kalender anda terlihat lebih up to date.

7.      Buat Kalender Seperti Portfolio


Kalender merupakan media promosi yang sesuai untuk memperkenalkan usaha anda. Anda harus menampilkan informasi yang anda anggap penting untuk disampaikan kepada audience. Sebab dalam hal ini desain kalender akan menjadi media informatif yang akan menceritakan seluk beluk usaha anda, mulai dari produk / layanan, prestasi usaha, kontak, dan lain sebagainya. Anda bisa menampilkan elemen-elemen berbeda dari bisnis anda pada setiap halamannya.

Selamat mencoba

2 comments:

  1. Dan, materi kalender juga harus dipersiapkan dengan baik. Terutama hari2 besar nasional. Hehe

    ReplyDelete