Friday 4 August 2017

Tips Panduan Membuat Logo Yang Menarik

Favicon ristofa.com


Tidak seperti karya desain grafis lainnya, dalam membuat logo ada serangkaian prinsip tersendiri. Logo adalah simbol dari sesuatu yang diinterprestasikan hanya dengan sekali lihat seseorang bisa membayangkan makna Apa dibalik sebuah logo. Ketika kita melihat logo tertentu Kita akan ingat mulai dari perusahaan apa produk apa dan lain sebagainya.

Logo dianggap berhasil ketika logo tersebut mudah diingat baik bentuk, warna, tulisan, dan produknya. Prinsip dasar dalam menciptakan logo adalah eye catching (menarik perhatian), original, mudah diingat, dan bermakna.

Setiap logo dibuat artistik, mempunyai makna tersembunyi dibalik bentuk dan warnanya. Desain logo tidak dibuat asal-asalan karena ada kaidah tertentu tentang bentuk dan warna logo, atau apa yang boleh dan tidak boleh digunakan dalam sebuah logo. Misalnya, kenapa bentuk bola tidak dianjurkan untuk logo perusahaan konstruksi dan seterusnya. Hal itu yang membuat proses mendesain logo tidak semudah yang dikira orang.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, logo hampir setiap hari kita temui. Seperti halnya pakaian, logo memiliki banyak rupa dan gaya, baik dari segi bentuk warna tipografi maupun desainnya secara keseluruhan. Seperti pakaian pula logo memiliki trend atau gaya yang cenderung berubah dalam periode tertentu.

Berikut ini trik atau panduan dalam membuat logo yang menarik :

1. Analisa kebutuhan

Dalam analisa kebutuhan Seperti apa saja yang akan mempengaruhi hasil logo tersebut . Misalnya kita dapat membuat logo dari PT. X, maka kaji dulu profil dari perusahaan tersebut. Bila ada keharusan atau prasyarat yang harus dipenuhi, maka itu dulu yang harus didahulukan. Contoh harus ada warna merah harus mengandung makna perusahaan dan sebagainya.

Hal yang harus dan akan mempengaruhi hasil logo adalah:

A. Budaya mempengaruhi aspek kehidupan
B. Politik mempengaruhi aspek kehidupan
C. Ekonomi mempengaruhi aspek kehidupan
D. Sosial mempengaruhi aspek kehidupan
E. Demografi mempengaruhi analisa SWOT dan Aida
F. Jenis perusahaan dan produknya mempengaruhi aspek personal perusahaan

2. Tentukan teknik atau cara pembuatan

Dalam membuat sesuatu tentunya kita mempunyai cara atau teknik masing-masing. Hal ini berkaitan pada saat hasil logo ini akan ditampilkan. Sebagai contoh printed multimedia website produk dan lain sebagainya. Tentunya ukuran jenis font untuk logo warna media akan mempengaruhi, semisal dalam produk kardus jarang sekali menggunakan warna yang banyak dan bila ada maka ukurannya kecil. Hal ini merupakan imbas dari dana untuk print warna yang cenderung lebih mahal. 

3. Trial and error

Trial and error merupakan cara manjur dalam melakukan sesuatu. hasil dari logo akan maksimal ketika trail and error ini dilakukan melalui sketsa, atau desain langsung menggunakan software desain boleh-boleh saja dilakukan.

4. Lihat karya logo sejenis

Banyak website yang membuat logo-logo fenomenal seperti logo Windows. Cari buku untuk perusahaan atau produk sejenis dengan yang ingin anda buat. Lihat dan pelajari ciri-cirinya, selain menambah wawasan tentang logo juga dapat menginspirasi anda.

Sekian Bahasan tentang panduan membuat logo yang menarik Terima kasih semoga bermanfaat.


2 comments: