Monday 7 November 2016

Fungsi dan kegunaan semua tool pada adobe photoshop

Logo Adobe Photoshop CS6


Fungsi dan kegunaan semua tool pada adobe photoshop - Bagi para pengguna Adobe Photoshop pemula pasti bertanya-tanya ' Fungsi tool ini apa sih kegunaannya ? '.... Agar tidak ada lagi pertanyaan seperti itu lagi, kali ini saya akan membahas fungsi semua tool yang ada pada adobe Photoshop..

Agar lebih paham fungsinya, saya sarankan membaca sekalian praktek, sehingga benar-benar paham fungsi dan kegunaannya..

Berikut daftar tool-tool pada Photoshop :

Ikon
Shortcut
Keterangan



Move Tool
Shortcut : V
Move Tool - Berfungsi untuk memindahkan obyek/layer ke posisi tertentu yang diinginkan.
Rectangular Marquee Tool
Shortcut : M
Rectangular Marquee ToolBerfungsi untuk menyeleksi obyek/layer dalam bentuk kotak. Dengan meng-klik lama pada ikon ini akan menampilkan bentuk lain untuk seleksi.
Eliptical Marquee Tool
Shortcut : M
Eliptical Marquee ToolBerfungsi untuk menyeleksi obyek/layer dalam bentuk lingkaran. Dengan meng-klik lama pada ikon ini akan menampilkan bentuk lain untuk seleksi.
Lasso Tool
Shortcut : L
Lasso Tool - Berfungsi untuk menyeleksi obyek/layer dalam bentuk bebas. Bentuk seleksi tergantung gerakan mouse.
Polygonal Lasso Tool
Shortcut : L
Polygonal Lasso Tool - Berfungsi untuk menyeleksi objek dengan bentuk bebas bersudut, alat ini membentuk seleksi melalui titik-titik point yang dibuat dengan menggunakan klik mouse.
Magnetic Lasso Tool
Shortcut : V
Magnetic Lasso Tool - Berfungsi untuk memindahkan obyek/layer ke posisi tertentu yang diinginkan.
Magic Wand Tool
Shortcut : W
Magic Wand Toolberfungsi untuk  menyeleksi suatu area berdasarkan warna yang pertama kali di klik. Tool ini dapat menyeleksi dengan pengaturan nilai tolerance atau nilai cakupan warna, semakin besar nilai tersebut maka semakin luas cakupan warna yang di seleksi.

Crop Tool
Shortcut : C
Crop Toolberfungsi untuk memotong area kerja/kertas pada Photoshop. Tool ini berpengaruh pada semua layer.
Slice Tool
Shortcut : C
Slice Tool - berfungsi untuk memotong hasil desain yang telah dibuat di Photoshop menjadi potongan yang lebih kecil.
Slice Select Tool
Shortcut : C
Slice Select Tool - berfungsi untuk memilih potongan pada sebuah desain yang telah dipotong sebelumnya dengan menggunakan slice tool.
Eyedropper Tool
Shortcut : I
Eyedropper Tool - berfungsi untuk mengambil sampel warna dari sebuah gambar atau obyek pada Photoshop, sampel warna diambil dengan cara mengklik warna target yang kemudian secara otomatis akan mengubah warna depan (foreground color) pada toolbox.
Ruler Tool
Shortcut : I
Ruler Tool - digunakan untuk mengukur dimensi lebar dan tinggi.
Note tool
Shortcut : I
Note tool - digunakan untuk memberikan catatan pada hasil desain yang telah di buat. Catatan ini berguna sebagai pengingat dalam proses pembuatan desain atau dapat digunakan sebagai penyampai pesan ketika bekerja secara team.
Spot Healing Brush
Shortcut : J
Spot Healing Brush - digunakan untuk menghapus noda pada sebuah obyek, tool ini juga biasanya digunakan untuk menghilangkan noda di wajah.
Patch Tool
Shortcut : J
Patch Tool - berfungsi untuk memperbaiki foto dengan cara memanfaatkan pola yang terdapat pada foto tersebut. Perbaikan dilakukan dengan menyeleksi kerusakan area kemudian menarik seleksi tersebut diatas pola target untuk menutupi area kerusakan.
Red Eye Tool
Shortcut : J
Red Eye Tool - digunakan untuk menghilangkan efek mata merah yang timbul pada saat mengambil foto. Dalam kondisi gelap flash kamera memantulkan warna merah pembuluh darah dibalik mata.
Brush Tool
Shortcut : B
Brush Tool - digunakan untuk membuat goresan kuas berdasarkan warna depan (foreground color) yang telah dipilih.
Pencil Tool
Shortcut : V
Pencil Tool - digunakan untuk membuat goresan pensil berdasarkan warna depan (foreground color) yang telah dipilih.
Clone Stamp Tool
Shortcut : S
Clone Stamp Tool - digunakan untuk mengambil sample dari sebuah area gambar kemudian mengkloning / menerapkan sample tersebut untuk dilukiskan diatas area foto lain berdasarkan sample foto yang diambil.
Pattern Stamp Tool
Shortcut : S
Pattern Stamp Tool - digunakan untuk melukis image dengan menggunakan pola tertentu sesuai dengan pola yang dipilih pada option bar.
History Brush Tool
Shortcut : Y
History Brush Tool - digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari Image.
Art History Brush Tool
Shortcut : Y
Art History Brush Tool - digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari image, dengan model artistik tertentu.
Eraser Tool
Shortcut : E
Eraser Tool - berfungsi untuk menghapus foto atau gambar dalam sebuah layer raster. 
Background Eraser Tool
Shortcut : E
Background Eraser Tool - digunakan untuk menghapus foto atau gambar sehingga menghasilkan layer transparan pada bagian foto atau pada area yang dihapus.
Magic Eraser Tool
Shortcut : E
Magic Eraser Tool - berfungsi untuk menghapus area tertentu dari sebuah foto atau gambar yang memiliki warna yang serupa (satu warna solid) menjadi transparan dengan satu kali klik pada area warna tersebut. Bisa dimanfaatkan untuk menghapus background satu warna.
Gradient Tool
Shortcut : G
Gradient Tool - berfungsi untuk mengecat area yang dipilih dengan perpaduan dua warna atau lebih. Gradasi ini juga memiliki beberapa pengaturan dan tipe untuk menghasilkan efek perpaduan warna yang sesuai dengan keinginan.
Paint Bucket Tool
Shortcut : V
Paint Bucket Tool - berfungsi untuk mengisi area tertentu atau layer tertentu berdasarkan warna depan (foreground color) yang telah dipilih.
Blur Tool
-
Blur Tool - berfunsi untuk menghaluskan/mengaburkan area tertentu dari sebuah foto atau gambar. Dengan mengaburkan gambar akan memberikan kesan halus, blur juga dapat menyamarkan pixels gambar.
Sharpen Tool
-
Sharpen Tool - berfungsi untuk mempertajam area tertentu dari sebuah foto atau gambar.
Smudge Tool
-
Smudge Tool - berfungsi untuk menggosok/mencoreng area tertentu dari sebuah foto atau gambar seolah-olah di pengaruhi oleh sapuan jari telunjuk diatas sebuah lukisan.
Dodge Tool
Shortcut : O
Dodge Tool - berfungai untuk mencerahkan warna di area tertentu pada gambar.
Burn Tool
Shortcut : O
Burn Tool - kebalikan dodge tool, fungsinya untuk menggelapkan warna di area tertentu pada gambar..
Sponge Tool
Shortcut : O
Sponge Tool -berfungsi untuk mengubah saturation di area tertentu pada area gambar.
Pen Tool
Shortcut : P
Pen Tool - berfungsi untuk menggambar path sudut ataupun lengkung. Alat ini biasa juga digunakan untuk menyeleksi objek. Selain alat ini ada kumpulan alat lain untuk menambah titik point, mengurangi dan memodifikasi path yang telah dibuat.
Horizontal Type Tool
Shortcut : T
Horizontal Type Tool - berfungai untuk membuat teks secara horizontal. Selain alat ini ada juga Vertical Type Tool untuk membuat teks secara vertical dan type mask untuk membuat teks dalam bentuk seleksi.
Path Selection Tool
Shortcut : A
Path Selection Tool - berfungsi untuk menyeleksi dan memindah posisi path.
Hand Tool
Shortcut : H
Hand Tool - berfungsi untuk menggeser/memindah bidang pandang foto atau gambar di dalam window view area atau dalam kondisi gambar sedang di perbesar (zoom in). Cukup tekan dan tahan tombol spasi untuk meng-aktifkan tool ini.
Zoom Tool
Shortcut : Z
Zoom Tool - berfungsi untuk memperbesar ataupun memperkecil tampilan foto atau gambar.

Dengan mengetahui semua fungsi tool yang ada pada Photoshop, akan memudahkan kita saat ingin memanipulasi atau belajar membuat sebuah desain.

Baca juga artikel tentang Adobe Photoshop.



No comments:

Post a Comment