Sunday 2 October 2016

5 Fungsi dan peranan warna dalam desain grafis

5 Fungsi dan peranan warna dalam desain grafis


Dalam desain grafis, fungsi dan peranan warna dalam desain grafis sangatlah penting. Berikut 5 Fungsi dan peranan warna dalam desain grafis.

1. Fungsi Identitas

Warna memiliki kegunaan/fungsi untuk mempermudah orang untuk mengenali identitas suatu kelompok, masyarakat atau sebuah organisasi bahkan suatu negara. Sebagai contoh adalah warna hijau yang identik dengan organisasi Agama Islam yang ada di Indonesia. 
Indentitas ini dapat dilihat pada seragam, bendera, logo perusahaan, dan lain-lain.




2. Fungsi Isyarat dan Komunikasi

Warna memberi tanda-tanda atas sifat dan kondisi tertentu. Sebagai contoh warna merah memberi isyarat marah atau pun berani. Dan bendera putih sering dianggap sebagai tanda menyerah. Pada dasarnya, beberapa warna yang telah diterapkan tersebut dapat ditinjau aspek-aspek dari sifat penampakannya. 

Perpaduan warna merah, jingga dan kuning bersifat panas, menonjol dan merangsang. Makna dari peringatan warna tersebut adalah bahaya dan hati-hati. Sedangkan warna hijau, biru dan ungu bersifat dingin, pasif, teduh dan diam. Makna dari peringatan warna tersebut adalah keadaan yang aman. 

Warna juga merupakan lambang atau perlambang sebuah tradisi maupun pola tertentu. Lampu lalu lintas (merah, kuning, hijau), Tanda silang merah yang berarti palang merah, Kendaraan pengangkut bahan bakar selalu berwarna merah, Ambulans yang selalu berwarna putih. dll

3. Fungsi Psikologis

Dari sudut pandang kejiwaan, warna dapat dikaitkan dengan karakter-karakter manusia. Orang yang mempunyai karakter extrovert lebih senang dengan warna-warna panas dan cerah. Karena tipe orang seperti ini biasanya terbuka, lebih memandang ke luar dari pada ke dalam diri sendiri. Tidak sulit menerima masalah-masalah baru karena cara berpikirnya lebih mengarah pada segi-segi yang umum daripada yang khusus.

Sedangkan Orang yang mempunyai karakter introvert lebih senang dengan warna-warna dingin dan gelap. Orang seperti ini biasanya tertutup, lebih memandang ke dalam diri sendiri. Sulit menerima masalah-masalah baru karena cara berpikirnya lebih mengarah pada segi-segi yang khusus daripada yang umum.

Warna juga bisa menimbulkan efek rasa bagi yang melihatnya. Warna-warna matahari seperti kuning, merah, jingga dan warna yang senada dengan warna itu bisa menimbulkan rasa hangat. Dan sebaliknya, rasa dingin dapat ditimbulkan oleh warna-warna dingin seperti biru, biru kehijau-hijauan putih dan hitam.

4.Fungsi Alamiah

Warna adalah properti benda tertentu, dan merupakan penggambaran sifat obyek secara nyata. Atau warna mampu menggambarakan sifat obyek secara nyata. Sebagai contoh warna hijau untuk menggambarkan daun, rumput. Warna biru untuk laut, langit dan sebagainya. 

5. Fungsi Pembentuk Keindahan

Keberadaan warna memudahkan kita dalam melihat dan mengenali suatu benda. Contohnya apabila kita meletakkan benda di tempat yang sangat gelap, mata kita tidak mampu mendeteksi obyek tersebut dengan jelas. Disini, warna mempunyai fungsi ganda dimana bukan hanya aspek keindahan saja, namun sebagai elemen yang membentuk diferensial atau perbedaan antara obyek satu dengan obyek yang lain.

Dengan kata lain, apabila kita bisa memadukan warna yang satu dengan warna yang lain akan terbentuk keindahan dalam karya kita.

Sekian 5 Fungsi dan peranan warna dalam desain grafis. semoga bermanfaat. 


1 comment:

  1. Artikel artikel anda sangat bermanfaat. terimakasih sudah berbagi tulisan tersebut. lanjutkan.

    ReplyDelete